Penakluk Puncak Gunung tertinggi di Dunia “Mount Everest”

12 Jun

Pendaki Termuda Yang Mencapai Puncak Gunung tertinggi Di dunia Mount Everest

Seorang anak berusia 13 tahun asal AS, Jordan Romero, tampil sebagai pendaki termuda yang pernah menaklukkan Mount Everest, yang dikenal sebagai gunung tertinggi di dunia, demikian menurut sebuah laman pendakian. Anak muda dari Big Bear, California tersebut mendaki puncak setinggi 8.850 meter (29.035 kaki) dari sisi Tibet, dan pada hari yang sama seorang warga Nepal memecahkan rekor dunianya sendiri sebagai pendaki yang paling sering menaklukkan Everst.

Sedangkan pendakian tersebut bagi Romero merupakan satu langkah untuk semakin mendekati targetnya mendaki gunung-gunung tertinggi yang ada di seluruh tujuh benua. “Ini hanya sebuah target,” kata Romero di ibukota Nepal, Kathmandu pada April. Dia juga sudah pernah lima puncak gunung termasuk Mount Kilimanjaro di Afrika, dan dia akan mendaki puncak gunung tertinggi di Antartica.

Seorang juru bicara dari pendaki remaja bernama Jordan Romero itu mengatakan, tim pendaki remaja itu telah menelepon melalui telepon satelit untuk memastikan dia telah berhasil mencapai puncak gunung tertinggi yaitu sekitar 8.850 meter dari laut. “Mimpi itu telah menjadi nyata. Semua terdengar sangat bahagia,” ujar sebuah pernyataan Jordan dalam blog pribadinya, Sabtu pagi (22/5).

Romero yang tampil dengan rambut panjang dan keriting telah mencatat pendakian gunung Kilimanjaro di Afrika pada usia 10 tahun. Dia mengatakan, terisinpirasi oleh sebuah lukisan di lorong sekolah yang memasang tujuh puncak gunung tertinggi di seluruh benua. “Setiap langkah yang saya ambil merupakan jalan menuju tujuan terbesar dalam hidup, untuk berdiri di puncak tertinggi di dunia,” tulisnya dalam blog pribadi tersebut beberapa waktu lalu.

Pendaki termuda yang tercatat sebelumnya dipegang oleh Temba Tsheri dari Nepal. Dia berhasil mencapai puncak gunung Everest pada usia 16 tahun. “Saya sangat bangga padanya,” ujar ibu Jordan kepada reporter Associated Press melalui saluran telepon sebelum remaja tersebut berhasil mencapai puncak. Sang ibu memantau putranya tersebut melalui sistem navigasi satelit atau Global Positioning System (GPS) yang terhubung secara online. Ketika ditanya apa yang akan dikatakan saat Jordan berhasil mencapai puncak, wanita itu menangis. “Saya tidak dapat mengatakan apa-apa. Hal ini sangat emosional,” ujarnya.Jordan berasal dari kota Big Bear, California mendaki gunung Everest bersama dengan Ayah dan kekasih Ayahnya serta tiga penunjuk jalan. Dia mulai mencapai puncak tersebut dari sebauah persinggahan di bagian negara Cina. Gunung Everest merupakan pendakian pertama Jordan untuk ketinggian diatas 8 ribu meter. Tak seperti pendakian dari negara Nepal, Cina tidak memiliki batasan umur untuk para pendaki. Pendakian Jordan dicatat oleh pihak berweang di Cina pada bulan April, ujar Zhang Mingxing dari Sekjen Asosiasi pendakian gunung Cina-Tibet.

Wawancara belum dimungkinkan hingga Jordan kembali ke lokasi kamp utama yang akan memakan waktu sektar beberapa hari. Demikian dikatakan oleh juru bicara tim pendaki Romero, Rob Baily. Pendaki harus bermalah pada tiga hingga empat kamp persinggahan sebelum mencapai puncak tertinggi, tergantung dari rute dan kondisi.

Tim tersebut berencana membuat sesuatu yang istimewa untuk Jordan di puncak gunung namun hal itu masih dirahasiakan, tambah Bailey. Jordan membawa beberapa barang yang dipercaya membawa keberuntungan seperti testis kangguru yang diberikan seorang temannya yang menderita kanker. “Mungkin itu merupakan yang paling berarti. Saya tahu itu kedengarannya aneh,” pungkasnya.

Pendaki gunung termuda yang mencapai Mount Everest dan baru berusia 13 tahun memeluk orang yang satu tim dengannya sesaat setelah berhasil mencapai puncak. Tak lama kemudian anak lelaki bernama Jordan Romero itu segera mengambil telepon satelit dan menelepon ibunya. “Bu, saya meneleponmu dari puncak dunia,” kata sang ibu, Leigh Anne Drake menirukan anaknya saat diwawancarai AP dari California, AS, di mana ia menyaksikan perjalanan Jordan menit demi menit melalui GPS online.

“Ada banyak air mata dan kata-kata, I love you, I love you,” kata Drake sambil menambahkan ia segera meminta sang anak agar segera kembali. Kesuksesan mendaki gunung tertinggi di dunia (8.850 meter) dari permukaan laut hanya salah satu dari prestasi Jordan yang sudah melakukan pendakian di berbagai tempat.

Remaja dengan rambut panjang itu mendaki Gunung Kilimanjaro di Afrika ketika ia baru saja berusia 9 tahun. Ia mengatakan dirinya terinspirasi dengan lukisan yang ada di lorong sekolahnya yang memperlihatkan puncak tertinggi di tujuh benua.

Sebelum Romero, pendaki termuda yang pernah menaklukkan puncak Everest adalah Temba Tsheri Sherpa asal Nepal yang berusia 16 tahun. Dalam pendakiannya Romero bergabung dengan satu tim yang beranggotakan ayahnya Paul dan Sherpa yang bertugas sebagai pemandu. Dikatakannya, misi pendakian berikutnya adalah mendaki gunung-gunung tertiggi yang terdapat dalam 50 negara bagian di AS.

Lebih dari 4.000 pendaki sudah sukses mencapai puncak Everest, sejak pendaki Selandia Baru Sir Edmund Hillary menjadi orang pertama yang pernah menaklukkan Everest bersama warga Nepal Tenzing Norgay Sherpa pada 1953. Pada hari yang sama pendakian yang dilakukan Romero, seorang pendaki asal Nepal Apa Sherpa memecahkan rekornya sendiri dengan mendaki Mount Everest untuk yang ke-20 kalinya, kata ketua Agen Perjalanan Asia Ang Tshering Sherpa.

Apa (50) yang tinggal di AS, mencapai puncak pada Sabtu, dia membawa spanduk “peduli lingkungan” sepanjang perjalanan menuju puncak dan mengibarkannya. “Ini prestasi yang fantastis secara perorangan, usaha yang dilakukan bertahun-tahun dan selalu sukses merupakan hal yang luar biasa,” tambahnya.

4615129694_12f04452d0_o.jpg4608197631_a45a8d83dc_o.jpg4615135408_da402e1543.jpg

4615129694_12f04452d0_o.jpg4608197631_a45a8d83dc_o.jpg4615135408_da402e1543.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: